Selasa, 22 September 2015

makalah sosiologi pembangunan''KONTROVERSI ANTARA BECAK DAN BENTOR''




OLEH:
HENDRA FITRIANTO
10538221411
SOSIOLOGI IV.e
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN SOSIOLOGI

2012/2013










Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan teknologi pun semakin maju. Tidak bisa dipungkiri penemuan-penemuan atau inovasi-inovasi baru semakin banyak di temukan oleh manusia, dengan berkembangnya teknologi dan banyaknya inovasi baru, di rasakan langsung oleh masarakat kalangan bawah terutama tukang becak karena berdampak langsung pada ekonominya, dengan inovasi hadirlah bentor yang menyerupai becak tapi dia di gerakkan tenaga mesin bukan tenaga manusia, tapi bentor di sini mempunyai 2 sisi yaitu positif dan negative:
Ø Positifnya yaitu mempercepat penumpang bentor mencapai tujuan dan
Ø Negatifnya yaitu mengurangi penumpang becak karena masarakat beralih kebentor
Dengan hadirnya bentor otomatis langsung mempengaruhi ekonomi tukang becak karena berkurangnya penumpang yang banyak memilih memakai jasa bentor daripada becak. Dengan memperhitungkan kepraktisan dan kecepatan sampai ditujuan, banyak masyarakat yang beralih untuk menggunakan bentor daripada becak meskipun biaya transportasi bentor lebih mahal tapi itu tidak menjadi masalah bagi mereka. Dengan demikian, becak yang dulunya popular digunakan oleh masyarakat sebagai alat transportasi kemana-mana, tetapi dengan perkembangan teknologi, membuat becak menjadi terbelakang. Hal yang paling menyedihkan, tukang becak yang kebanyakan adalah masyarakat dari kalangan bawah harus menanggung imbasnya dari perkembangan teknologi karena berkurangnya penumpang yang ingin memakai jasa mereka sehingga pendapatan mereka pun menurun. Mereka tidak bisa berbuat apa-apa karena mereka juga tidak mampu mengubah becak mereka menjadi bentor karena itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit sedangkan pendapatan pun semakin menurun. Dengan masalah yang muncul saat ini, masyarakat miskin di Indonesia akan meningkat, apalagi ketika becak menjadi punah tingkat penggangguran di Indonesia juga akan meningkat. Saat ini, peran pemerintah sangat dibutuhkan bagaimana menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh tukang becak yang mulai terpuruk dengan hadirnya bentor sebagai alat transportasi yang baru. Hal yang kita semua tidak inginkan adalah jangan sampai becak yang merupakan alat transportasi tradisional salah satu ciri khas Indonesia menjadi punah/hilang begitu saja dengan hadirnya inovasi yang baru.
Dalam penelitian ini, kami meneliti tukang becak yang ada di Makassar semakin berkurang, sebagian dari mereka memilih mengganti becak mereka menjadi bentor, dan sebagian lagi mencari mata pencaharian baru yang lebih baik karena keterpurukan mereka selama ini dengan hadirnya bentor.  Adapun tukang becak yang masih bertahan dengan pekerjaan mereka, mereka masih berharap adanya tindakan pemerintah untuk mensejahterakan tukang becak dan ini menjadi kontroversi.

Solusi
Seharusnya pemerintah mengatur jadwal antara becak dan bentor untuk beroperasi agar tidak ada yang merasa di rugikan salah satu dari merekaatau member ruang pada tukang becak dengan menentukan jalur-jalur khusus yang dimana bentor tidak bisa beroperasi pada wilayah tersebut dengan demikian kedua belah pihak tidak ada yang dirugikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar